Kata Kata Mutiara Persahabatan: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Sahabat Terus Ada

Salah satu hal yang paling menyenangkan selama kita hidup adalah menghabiskan waktu bersenang-senang bersama dengan orang-orang terdekat. Orang terdekat yang dimaksud bisa bersama dengan anggota keluarga atau bersama dengan sahabat. Menghabiskan waktu sendirian memang terkadang perlu untuk memberi space kepada diri sendiri dan belajar menghargai diri sendiri. Namun ketika bersama dengan sahabat, Anda bisa meluapkan rasa penat dan stress setelah melakukan aktivitas yang terkadang menuntut Anda untuk menjadi orang lain. Bersama sahabat Anda bisa menjadi diri sendiri tanpa harus memikirkan image karena sahabat adalah orang yang mengerti baik dan buruknya Anda tetapi tetap memutuskan untuk berada di samping Anda.
Ada kata kata mutiara persahabatan yang terkenal yaitu persahabatan bagai kepompong yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Hal ini ada benarnya karena dengan memiliki sahabat Anda bisa berubah menjadi orang yang lebih baik karena dalam persahabatan tidak hanya menerima tetapi juga memberi kepada orang lain. Bersahabat dengan banyak orang juga bisa membuat Anda melihat dunia dari segala sisi sehingga pikiran Anda akan terbuka dan bisa menerima banyak masukan yang diberikan orang lain kepada Anda.

Kata Kata Mutiara Persahabatan, arti sahabat, kata mutiara tentang sahabat

Pertanyaan terlarang dalam sebuah perkenalan
Sebuah kata-kata mutiara persahabatan mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Artinya untuk bisa bersahabat dengan orang lain Anda harus menjalin perkenalan terlebih dahulu dengan orang baru. Bertemu dengan orang baru bisa menjadi hal yang natural bagi Anda yang supel, namun ada banyak orang yang merasa canggung ketika harus bertemu dengan orang baru – kata-kata mutiara persahabatan.
Dalam perkenalan, kesan pertama sangat penting untuk menarik perhatian lawan bicara. Biasanya topik yang dibicarakan adalah topik-topik yang ringan. Sayangnya, budaya Indonesia menganggap bahwa topik ringan adalah menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi. Padahal tidak semua orang nyaman untuk menjawab pertanyaan seperti ini. Oleh karena itu agar Anda tidak membuat kesal orang yang ingin Anda ajak kenalan, hindari menanyakan pertanyaan berikut:

  1. Berapa umur Anda?
Umur bisa menjadi hal yang cukup sensitif bagi sebagian orang, bahkan di negara Barat menanyakan umur seseorang dianggap sebagai hal yang tidak sopan karena itu merupakan informasi pribadi. Mengetahui umur seseorang tidak ada hubungannya dengan hubungan pertemanan, umur juga tidak menentukan perilaku seseorang. Kecuali jika sedang berbicara dengan anak kecil, sebaiknya jangan menanyakan umur pada orang yang baru saja Anda temui. Informasi itu bisa Anda ketahui sendirinya setelah berteman baik.

  1. Sudah punya pacar?
Jika Anda ingin berkenalan dengan lawan jenis dan berniat mendekatinya, pertanyaan ini mungkin adalah hal pertama yang ada di kepala Anda. Tetapi mengajukan pertanyaan ini kepada orang yang baru saja dikenal justru bisa membuat orang lain takut dan risih kepada Anda karena Anda terlalu agresif. Biarkan ia nyaman dengan Anda selama beberapa lama baru bisa mengajukan pertanyaan yang sifatnya pribadi secara bertahap.

  1. Apa pekerjaan Anda?
Sebagian orang tidak merasa bangga dan nyaman dengan profesinya jadi pertanyaan ini tidak bisa ditanyakan ke sembarangan orang. Apalagi jika motif Anda bertanya adalah untuk pamer pekerjaan Anda yang sukses. Jika ingin membahas masalah pekerjaan Anda bisa mulai membicarakan topik yang umum kemudian mencari celah untuk bertanya mengenai pekerjaan.
  1. Apa agama Anda?
Selain umur, menanyakan agama adalah hal yang paling sensitif bagi budaya orang Barat. Bagi mereka, urusan agama adalah urusan mereka pribadi dengan Tuhan dan Anda harus paham bahwa kepercayaan yang ada di dunia ini tidak hanya ada 5 seperti yang ada pada Pancasila. Jadi jangan kaget jika Anda bekenalan dengan orang asing dan ternyata mereka menganggap konsep agama adalah hal yang tidak masuk akal.

Larangan dalam hubungan persahabatan
Sahabat sejati tidak akan menusukmu dari belakang adalah salah satu kata kata mutiara persahabatan yang harus Anda jaga dalam hubungan bersahabat. Menusuk di sini dalam arti adalah mengkhianati sahabat sendiri demi kepentingan pribadi padahal Anda adalah orang sangat dipercayai oleh sahabat Anda. Dalam bersahabat biasanya banyak rahasia yang diungkapkan dan sudah semestinya Anda menjaga rahasia sahabat Anda dengan baik, begitu pula dengan sebaliknya. Pengkhianatan oleh orang terdekat adalah hal yang sangat menyakitkan karena seharusnya sahabat menjadi orang yang bisa melindungi, bukan berpaling dan berkhianat.
Berikut adalah hal-hal yang tidak semestinya dilakukan dalam hubungan persahabatan. Jika sahabat Anda masih melakukannya berarti ia belum pantas untuk menjadi sahabat seseorang:

  1. Bergosip di belakang orang lain
Bagaimanapun juga sebenarnya bergosip bukanlah hal yang baik dan sudah dilarang oleh agama. Namun hasrat manusia adalah untuk membicarakan keburukan orang lain dan merasa diri sendiri lebih baik dibandingkan orang tersebut. Jika ia terlibat dalam drama di mana dia sendiri menyebarkan rumor atau rahasia yang seharusnya disimpan, maka orang itu telah berkhianat.

  1. Menilai sisi buruk Anda
Seperti yang telah disebutkan, sesuai dengan kata-kata mutiara persahabatan bahwa sahabat adalah orang yang tau busuknya Anda tetapi tetap berada di samping Anda seolah Anda sewangi bunga melati. Sahabat akan selalu mengingatkan Anda tentang sisi positif dalam diri Anda ketika sedang krisis percaya diri dan tidak menjauhi Anda ketika tahu mengenai sisi buruk dari diri Anda.

  1. Berdebat tidak jelas
Berdebat atau adu argumen bisa membuat seseorang lelah meskipun dilakukan dengan duduk sekalipun. Oleh karena itu jika Anda justru sering merasa kesal, capek, dan marah karena sering berdebat mengenai hal yang sebenarnya tidak penting dengan sahabat Anda, mungkin Anda harus menjaga jarak darinya. Berargumenlah mengenai sesuatu yang bisa menghasilkan solusi seperti misalnya Anda tidak setuju sahabat Anda berhubungan dengan seseorang yang merusak atau mengenai kebiasaan buruknya yang cukup mengganggu, dan sebagainya.

  1. Tidak menghargai pendapat
Seseorang yang terus membicarakan dirinya dan tidak mau mendengar orang lain bicara adalah hubungan yang tidak seimbang. Seperti kata kata mutiara persahabatan, persahabatan yang sehat adalah di mana yang satu bicara yang lain mendengarkan, lalu bergantian. Sahabat yang baik adalah orang yang mau mendengarkan keluh kesah Anda tanpa memotong atau mengalihkan pembicaraan karena ia tidak suka dengan topiknya.

  1. Mencegah Anda meraih mimpi
Akan selalu ada orang yang meragukan mimpi Anda, termasuk mungkin sahabat. Namun jika ia mulai menghalangi Anda untuk mewujudkan mimpi berarti ia tidak cocok ada berada di dekat Anda. Sahabat boleh merasa ragu dan memastikan bahwa Anda yakin dengan apa yang ingin dilakukan, bukannya melakukan segala cara agar Anda tidak maju.

  1. Menjauhi Anda ketika jatuh
Ada kalanya manusia berada di roda bawah dan untuk berusaha naik kembali ke atas dibutuhkan dorongan moral dari orang terdekat termasuk sahabat. Tetapi jika sahabat Anda justru menjauh di saat Anda membutuhkan uluran tangan, hal itu seperti kata kata mutiara persahabatan habis manis sepah dibuang. Gunakan kesempatan ini untuk memikirikan kembali persahabatan Anda, jika Anda lebih banyak memberi dan tidak menerima sama banyak berarti ada yang salah dalam hubungan Anda dengan sahabat Anda.

Sejatinya, persahabatan terjadi bukan karena disengaja, Anda tidak bisa mendatangi seseorang kemudian mengajaknya untuk langsung bersahabat. Persahabatan terjadi karena waktu yang Anda habiskan bersama orang tersebut, kualitas hubungan pertemanan, dan di mana ia ketika Anda sedang senang dan ketika Anda sedang sedih. Kata-kata mutiara persahabatan sahabat sejati tidak akan mengkhianati bisa jadi benar jika Anda memang bersahabat dengan orang yang tepat. Oleh karena itu jangan memberitahu hal-hal yang bersifat rahasia dan pribadi kepada orang yang belum lama dikenal.

Lakukan hal-hal ini untuk sahabat Anda
Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah adalah kata kata mutiara persahabatan yang patut Anda pegang. Jika Anda menerima banyak hal dari sahabat Anda sudah sepantasnya Anda juga memberikan hal yang sama. Dalam hal ini bukan materi yang dimaksud, melainkan hal-hal seperti support moral, uluran tangan untuk membantu, dan partner untuk berbagi tawa maupun air mata. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk sahabat tercinta:

  1. Siapkan telinga Anda
Siapa lagi yang siap menjadi tempat sampah curahan hati jika bukan Anda? Terkadang orang hanya ingin didengarkan agar ia bisa bicara sepuas hati mengenai unek-unek yang disimpan tanpa ada orang lain yang menghakiminya. Anda bisa memberi tahunya Anda siap mendengarkannya jika ada sesuatu yang tidak beres. Jangan menekannya bila ia tidak mau cerita, dan sebaiknya tidak perlu memberikan saran bila tidak diminta.

  1. Hormati keputusannya
Seberapa dekat Anda dengan sahabat Anda bukan berarti Anda tahu semua yang ada di pikirannya. Maka dari itu hormati setiap keputusan yang ia buat selama itu adalah hal yang tidak merusak seperti pilihannya dalam pekerjaan, atau pilihannya untuk tidak menikah. Anda bisa mengutarakan opini Anda sebelum keputusan diambil sebagai bahan pertimbangan, tetapi jika ia sudah memutuskan, Anda tidak berhak ikut campur.

  1. Segera minta maaf jika salah
Jika Anda merasa berbuat salah misalnya berkata kasar pada sahabat Anda segeralah meminta maaf sebelumnya masalahnya menupuk dan akhirnya meledak. Menimbun rasa tidak nyaman lama kelamaan akan merusak hubungan baik dan membuat suasana menjadi canggung. Dengan mengakui kesalahan dan minta maaf duluan, hubungan persahabatan bisa menjadi lebih jujur dan lebih terbuka. Seperti kata-kata mutiara persahabatan tak ada gading yang tak retak, persahabatan paling erat sekalipun jika ditempa dengan kecanggungan terus menerus bisa rusak.

  1. Habiskan waktu bersenang-senang
Hubungan persahabatan tidak harus dihabiskan di dalam kamar dengan sesi curhat berjam-jam. Menghabiskan waktu di café, atau sekedar window shopping di mall, atau bersama melakukan hobi bisa melepas stress Anda dan sahabat Anda.

Ada kata kata mutiara persahabatan yang mengatakan bahwa hubungan cinta bisa berakhir namun persahabatan tidak akan pernah mati. Hal ini dikarenakan persahabatan adalah dasar bagi segala hubungan untuk bisa tetap hangat dan harmonis. Karena itu ada yang mengatakan nikahilah sahabatmu sendiri karena rasa jatuh cinta bisa hilang suatu saat tetapi jika hubungan dibina atas dasar persahabatan, maka hubungan akan bisa berlangsung lebih lama.