Kata Kata Mutiara Pagi: Indahnya Bangun Pagi Setiap Hari

Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk bangun pagi? Kebanyakan orang yang malas bangun pagi selalu mengatakan “5 menit lagi” setiap kali dibangunkan. Bangun siang memang lebih enak, apalagi jika semalam begadang habis bekerja atau menonton pertandingan bola. Tetapi tahukah Anda bahwa bangun siang justru akan membuat tubuh terasa lebih lelah, inilah mengapa rasanya sudah bangun siang namun masih saja merasa ngantuk. Bahkan banyak yang mengatakan bangun siang bisa membuat pusing kepala. Bangun pagi ketika matahari belum naik sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang belum terik, menghirup udara sejuk pagi yang masih bersih, dan otak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga tubuh terasa segar sepanjang hari. Bahkan ada kata kata mutiara pagi yang mengatakan bahwa bangun siang bisa membuat rejeki dipatok ayam. Bagi Anda yang masih kesulitan dan kurang motivasi untuk bangun pagi, berikut uraiannya.

Kata Kata Mutiara Pagi, Indahnya Bangun Pagi Setiap Hari, kata bijak selamat pagi

Cara agar bisa selalu bangun pagi
Kata kata mutiara pagi – Bagaimana cara Anda agar bisa bangun di pagi hari? Menyalakan alarm mungkin adalah salah satunya, tetapi terkadang entah bagaimana caranya alam bawah sadar kita bisa mematikan alarm ketika ia berbunyi tanpa kita sadari. Oleh karena itu menyalakan alarm bukan hal yang efektif untuk bisa membangunkan tidur. Berikut adalah beberapa cara yang efektif agar Anda bisa bangun pagi dengan tubuh yang segar:

  1. Tidak makan berat sebelum tidur
Salah satu penyebab tidur Anda tidak nyenyak adalah karena sistem pencernaan masih bekerja di dalam tubuh sehingga mengganggu waktu tidur Anda bahkan tidak bisa tidur sama sekali atau insomnia. Oleh karena itu sebaiknya hindari makan makanan berat tepat sebelum jam tidur dan tidak mengkonsumsi kafein seperti kopi dan teh. Makan malam setidaknya dikonsumsi 3 jam sebelum Anda tidur agar tubuh dapat mencerna makanan hingga selesai.

  1. Minum air putih sebelum tidur
Minum air sebelum tidur akan membuat proses metabolisme berjalan lebih awal sehingga pada pagi harinya Anda akan terbangun karena harus buang air kecil. Terbangun dengan rasa ingin buang air akan lebih efektif membangunkan Anda dan tidak merasa ngantuk lagi. Setelah buang air kecil, minum lagi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Air yang diminum sebaiknya air putih saja karena sifatnya yang netral sehingga metabolisme berjalan dengan baik.

  1. Membuat rutinitas
Melakukan rutinitas sebelum tidur bisa membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Hal ini dikarenakan rutinitas merupakan salah satu dari bentuk comfort zone pada seseorang sehingga ia akan merasa nyaman berada pada ‘space’-nya sendiri. Anda bisa membaca buku favorit sebelum tidur atau sekedar melakukan stretching otot.

  1. Matikan gadget
Ada banyak hal mengapa tidur di dekat gadget Anda adalah bukan ide yang bagus. Alasan pertama adalah tidur Anda akan terganggu bila ada yang menghubungi Anda, meskipun Anda memutuskan untuk tidak menggubrisnya namun suaranya saja sudah cukup membangunkan. Yang kedua adalah menurut penelitian sinar yang berasal dari layar gadget Anda bisa mempengaruhi kualitas tidur menjadi buruk. Yang ketika adalah gadget memancarkan gelombang radioaktif yang tidak baik untuk otak, sehingga disarankan tidak meletakkan gadget di dekat kepala Anda. Dan masih banyak alasan lainnya mengapa gadget bisa mempengaruhi kualitas tidur.

  1. Langsung mandi
Salah satu yang membuat malas bangun pagi adalah udara yang dingin sehingga meringkuk di dalam selimut bisa sangat menggoda. Agar pagi Anda lebih segar, setelah bangun pagi setidaknya basuh wajah Anda dengan air dan sikat gigi. Air yang segar akan membuat tubuh juga terasa lebih segar, selain itu banyak melakukan gerakan akan meningkatkan pembakaran energi di dalam tubuh sehingga udara dingin tidak terasa lagi.

Hal yang baik dilakukan pada pagi hari
Kata kata mutiara pagi – Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika bangun lebih pagi. Anda akan memiliki waktu untuk mengerjakan hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan biasanya karena harus segera bersiap untuk beraktivitas. Melakukan aktivitas di pagi hari sebelum berangkat sekolah atau kerja bisa merangsang otak untuk lebih aktif dan tubuh lebih bertenaga karena sudah ‘pemanasan’. Hal-hal apa saja yang baik dilakukan pada pagi hari?

  1. Berolahraga
Memang terdengar klise, namun olahraga di pagi hari adalah waktu yang sangat tepat karena tubuh akan mendapatkan oksigen dengan kualitas tinggi karena masih belum banyak tercemar polusi. Olahraga di pagi hari juga akan memberi Anda energi untuk menjalankan aktivitas. Memulai hari dengan tubuh dan otak yang segar selain baik untuk kesehatan juga baik agar mood Anda sepanjang hari bisa tetap baik. Olahraga yang bisa dilakukan bisa bermacam-macam mulai dari jogging, yoga, atau sekedar mengencangkan otot dengan push-up atau sit-up.

  1. Minum air putih
Jika Anda bangun kesiangan segala sesuatunya akan dikerjakan dengan tergesa-gesa. Minum air putih mungkin adalah hal paling terakhir yang akan Anda lakukan karena menganggap tidak terlalu butuh. Pada kenyataannya minum air putih setelah bangun tidur pada pagi hari akan menyuplai tubuh dengan cairan yang banyak hilang selama waktu tidur. Selama sekitar 8 jam Anda tidur tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup sehingga minum air di pagi hari bisa mencegah terjadinya dehidrasi dan penurunan konsentrasi.

  1. Sarapan pagi
Bangun pagi akan memberikan waktu lebih pada Anda sehingga bisa menyantap sarapan pagi yang biasanya dilewatkan. Sarapan pagi dengan roti gandum atau bubur oatmeal akan memberikan energi untuk Anda. Selain itu sarapan dengan gandum juga akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga pada saat makan siang Anda tidak kalap. Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting dan sebaiknya jangan dilewatkan. Sarapanlah antara jam 6-9 pagi.

  1. Membangun hubungan baik
Sembari mengerjakan pekerjan rumah atau sambil sarapan pagi, Anda bisa mengobrol dengan anggota keluarga lainnya untuk sekedar mereview kegiatan di hari sebelumnya. Mengobrol seperti ini bisa meningkatkan kualitas hubungan antar anggota keluarga agar tidak ada rasa canggung, apalagi jika masing-masing memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Ketika olahraga keliling kompleks atau menyapu halaman depan rumah, Anda juga bisa menyapa tetangga kanan kiri karena hubungan yang baik dengan tetangga akan menguntungkan Anda nantinya.

  1. Planning
Buatlah rencana atau agenda yang akan Anda kerjakan hari itu pada pagi hari. Dengan membuat perencanaan yang urut maka aktivitas Anda seharian akan lebih terorganisir dan membuat pekerjaan dirasa lebih ringan. Agar beban pekerjaan tidak terlalu membuat stress, buatlah prioritas dan tempatkan hal yang paling tidak ingin Anda kerjakan dalam urutan teratas – kata kata mutiara pagi.

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan
Kata kata mutiara pagi – Bangun pagi bukan hanya karena bisa berangkat beraktivitas lebih awal dan tidak terlambat tetapi juga ada manfaat kesehatannya. Orang yang terbiasa bangun di pagi hari sebelum matahari terbit biasanya lebih jarang sakit dengan catatan waktu tidurnya juga cukup. Bangun pagi memang sulit bagi yan tidak biasa, namun dengan membiasakan diri bangun lebih pagi lama-lama otak akan menyesuaikan diri sehingga bangun pagi bukanlah beban lagi. Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi kesehatan Anda:

  1. Otak lebih segar
Sebelum matahari terbit adalah waktu terbaik untuk sekedar menghirup udara segar. Pada waktu ini, udara yang kotor pada hari kemarin sudah diganti dengan asupan oksigen yang murni dan belum terpapar polusi seperti asap kendaraan. Asupan oksigen yang baik akan membuat peredaran darah lebih baik, termasuk ke otak. Peredaran darah yang lancar dan kaya oksigen bisa mengurangi tubuh terkena penyakit dalam seperti sakit jantung dan stroke.

  1. Memenuhi asupan vitamin D
Sinar matahari sebelum jam 9 pagi adalah sinar yang terbaik karena belum terik dan bisa membakar kulit. Pada waktu ini sebaiknya Anda berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D dan bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium yang baik untuk tulang. Hal inilah yang biasanya dilakukan oleh para ibu untuk menjemur anak bayinya pada pagi hari.

  1. Meningkatkan kemampuan fokus
Bangun di pagi hari bisa memberikan Anda waktu untuk menata apa-apa yang mesti dikerjakan pada hari itu. Selain itu Anda juga bisa melakukan meditasi seperti yoga di pagi hari di mana suasana masih hening dan udara yang jernih akan meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Konsentrasi dan fokus yang tinggi akan membuat Anda menjadi orang yang lebih produktif dan berenergi dalam menjalankan aktivitas baik sekolah atau bekerja.

  1. Mental yang lebih kuat
Bangun di pagi hari diketahui memiliki pengaruh terhadap mood dan kesehatan mental seseorang. Hal ini bisa jadi karena udara di pagi hari memberikan energi yang positif kepada mereka yang sudah membuka mata. Sementara itu, meski karena tuntutan pekerjaan, orang yang bangun di malam hari dan tidur di pagi hari memiliki kecenderungan lebih mudah terkena depresif dan pesimis.

  1. Lebih bahagia
Manfaat bangun pagi yang sudah dijelaskan di atas akan menjadikan mood seseorang lebih baik dan lebih stabil. Maka dari itu orang yang terbiasa bangun lebih pagi setiap hari cenderung lebih berbahagia karena jauh dari penyakit dan emosi negatif. Selain itu orang yang terbiasa bangun pagi juga akan memiliki indeks massa tubuh yang ideal sehingga hati akan lebih senang karena bentuk tubuh yang lebih ideal dan stabil.

Sesuai dengan kata kata mutiara pagi yaitu sambutlah mimpimu bersama dengan mentari pagi yang bisa dimaknai dengan Anda akan lebih mudah mewujudkan mimpi apabila memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Ada banyak orang sukses yang ternyata memiliki kebiasaan ini, bukan karena sering begadang dan menerapkan pola hidup yang tidak teratur. Terdapat lebih banyak manfaat dan cara mudah untuk bangun pagi ketimbang kenikmatan sejenak ketika bangun siang. Jika Anda memiliki mood yang sering buruk dan merasa badan lesu cobalah setiap hari tidur malam lebih awal, lalu bangun lebih pagi. Yang terpenting adalah jam ideall orang dewasa tidur adalah 7 jam sehingga untuk bisa bangun lebih pagi tentu Anda tidak boleh begadang.