Puisi Islami Penolong dalam Kehidupan

Dalam kehidupan modern sekarang ini, nilai nilai islami seperti tidak tertanamkan lagi pada generasi muda kita. Kurangnya pendidikan dari orang tua, dan mudahnya pengaruh dari luar masuk ke kehidupan kita, membuat nilai nilai islami tidak terserap dengan baik oleh para remaja. Puisi islami seharusnya bisa menjadi acuan atau landasan saat kita mengalami saat saat senang ataupun susah. Dengan jauhnya generasi muda dari ajaran ajaran agama, terutama islami, tentu akan membuat generasi muda kita lebih rentan terkena pengaruh buruk. Selain itu mereka cenderung tidak berserah diri kepada Yang Maha Kuasa, melainkan hanya mengandalkan manusia lain. Dengan tidak memahami nilai keagaamaan dengan baik, remaja dan orang orang yang hidup jaman sekarang ini juga menjadi lebih mudah putuh asa. Membaca banyak kata mutiara atau puisi islami menjadikan kita lebih mudah ingat akan ajaran ajaran Allah SWT dan juga lebih berserah diri dan bersabar dalam menghadapi setiap situasi yang sesuai dengan ajaranNya.

Puisi Islami Penolong dalam Kehidupan

Jauhnya diri dari nilai keagamaan akan berdampak pada kualitas hidup diri seseorang. Karena agama apapun, termasuk Islam, merupakan satu satunya sifat dasar manusia dalam menentukan tutur sikap dan perbuatan sehari hari. Nilai nilai dalam keagamaan ini membantu hati nurani kita untuk menentukan yang baik dan yang tidak baik. Berikut ini adalah beberapa cuplikan dari puisi islami yang memiliki tujuan untuk memberi motivasi agama dalam menjalani setiap masalah dengan tabah.
Tidak perlu khawatir akan masalahmu, masalahmu lebih kecil dari kuasa Allah. Setiap masalah yang anda hadapi di masa sekarang, sesulit apapun, berserahlah kepada Allah SWT. Percaya dan yakinlah bahwa Allah SWT lebih besar dari masalah anda. Dengan bersikap serah ini, anda akan dapat berpikir dengan lebih jernih dan bening, sehingga akan menemukan jalan keluar terbaik.

Orang yang menunjukkan setiap perbuatan salahku, adalah orang yang paling tepat untuk kujadikan sahabat. Kutipan puisi islami ini sesuai dengan Umar bin Khatab. Seorang sahabat sudah selayak dan sepantasnya selalu berkata yang baik. Kata yang paling baik bagi kita bukan hanya berupa pujian saja, tapi tahukah anda bahwa kalimat kalimat koreksi dari orang lain adalah hal yang lebih berharga dari kata kata pujian? Kata pujian bisa saja bohong, tetapi orang orang yang mengatakan kesalahan kesalahan kita lebih bermakna bagi kita sebagai pribadi. Dengan adanya koreksi dari orang lain, dapat kita gunakan sebagai media pembenahan diri dan refleksi diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semua yang ada di muka bumi ini hanyalah titipan, dan uang hanyalah pinjaman. Yang engkau miliki hanyalah perbuatan baik. Kata kata puisi islami ini sesuai dari Ibnu Mas’ud. Maksud dari perkataan ini adalah sebagai manusia yang berohani, tidak sepantasnya kita membangga- banggakan apa yang kita miliki di sini. Karena pada hakekatnya barang ini bukanlah milik kita, melainkan hanya titipan milih Allah SWT. Penekanan ada pada kata pinjaman dan titipan. Pinjaman dan titipan ini pastilah akan diambil atau dikembalikan pada pemiliknya. Kalaupun berupa harta, tidaklah baik menyimpan rapat harta yang kita miliki dan tidak berbagi dengan orang lain, karena bisa saja sang pemilik, Allah SWT, akan mengambilnya dari tangan anda, baik dengan cara baik ataupun cara yang hebat, misalnya musibah. Maka berbuatlah baik, karena hal ini akan datang pada anda juga.