Kumpulan Puisi Lucu Dan Menggelitik

Puisi lucu bisa dibuat dalam bentuk pantun yang telah menjadi bagian dari akar budaya masyarakat Indonesia. Pantun merupakan budaya masyarakat melayu di mana Indonesia merupakan salah negara yang termasuk dalam rumpun melayu. Sebagai upaya menjaga budaya berpantun, pemerintah menetapkan pantun sebagai kurikulum wajib pada pelajaran Bahasa Indonesia di tahun 1995. Pantun dalam budaya Indonesia tidak hanya digunakan sebagai pelajaran, dalam adat pernikahan Betawi pun ada ada saling berbalas pantun antara pihak mempelai pria dengan mempelai wanita. Salah satu genre puisi atau panting yang paling populer adalah pantun lucu yang menggelitik dan tidak memiliki makna yang dalam sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa contohnya.

Kumpulan Puisi Lucu Dan Menggelitik

Pantun untuk menggoda wanita
Jalan-jalan naik sepeda ke kota paris.,
Banyak rumah di sana berbaris-baris.,
Biar mati saya ada di ujung keris.,
Asal bisa dapat hati dinda yang manis….
Pantun dengan irama “is” ini cocok digunakan untuk menggoda gadis yang Anda suka atau bahkan kepada pasangan Anda sendiri. Meskipun terdengar jahil namun pantun lucu ini bisa menjadi bahan candaan dan membuat si gadis tertawa. Sesekali menyenangkan hati wanita dengan memujinya dengan kata-kata lucu bisa membuatnya semakin terpesona dengan Anda.
Langit yang mendung berada diatas lautan...
Lebat hujannya yang tiada bisa terbendung...
Gadis manis berkerudung cantik serta menawan...
Kedipan bulu matanya  bisa rontokan bulu hidung...
Pantun ini menggambarkan ada gadis yang berkerudung tampak cantik dan manis hingga bisa membuat yang memandangnya lupa diri. Kecantikan seorang wanita kerap digambarkan dari keindahan matanya dan kedipan matanya yang genit dan membuat banyak pria jadi jatuh hati. Apalagi jika memandang wanita sholehah yang menutup auratnya sehingga kecantikan muncul dari dalam dirinya bukan hanya keindahan fisiknya saja.

Pantun tentang uang
Kalau ada sumur diladang, 
Bolehlah kita menggosok gigi, 
Kalau anda lagi diwarung padang, 
Bolehkah kita nanti ditraktir lagi..
Jika Anda sedang tidak punya uang tetapi ingin makan enak, bisa saja sambil bercanda mengatakan pantun ini kepada teman Anda yang memiliki uang lebih. Makanan padang memang merupakan makanan khas daerah Sumatera Barat yang sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan salah satu makanan padang seperti rendang sudah dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Tidak salah jika kita ingin selalu makan makanan padang, apalagi jika tidak harus mengeluarkan uang alias ditraktir.
Hari minggu sekarang sudahlah siang..
Setelah siang kemudian menuju petang...
Ditunggu tunggu sekarang gak jua datang...
Sekali datang kok kemudian nagih utang...
Pantun ini menggambarkan kesialan seseorang yang ditagih hutangnya. Pernahkah Anda juga mengalaminya? Sedang menanti kedatangan seseorang dari pagi hingga petang tetapi begitu yang ditunggu sudah datang bukannya bersenang-senang malah menagih hutang yang sudah lama. Berhutang memang bisa menjadi solusi jika Anda sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat. Namun jika tidak berhati-hati dan tidak dikontrol, berhutang bisa menjadi kebiasaan buruk yang lama-kelamaan akan menyebabkan Anda dikejar oleh hutang sendiri.

Contoh besarnya adalah kasus negara Yunani yang dinyatakan gagal bayar hutang oleh IMF karena negara ini terus berhutang dari lembaga dan negara lain untuk menutupi kebutuhan negara yang lebih banyak dibandingkan dengan pemasukannya. Negara ini bahkan akan dinyatakan bangkrut jika memang tidak bisa membayar hutangnya yang berjumlah triliunan rupiah. Tentu Anda tidak mau berada dalam situasi di mana Anda bangkrut, boro-boro membayar hutang, untuk kehidupan sehari-hari saja Anda tidak punya uang karena tidak produktif lagi.