Membuat Sebuah Puisi Untuk Guru

Puisi merupakan sebuah karya seni yang berupa tulisan dan juga dengan pemilihan kata serta bahasa yang berkualitas serta berdasarkan kualitas dari segi estetikanya. Pada segi estetiknya terdapat penekanan dan memang sengaja memberikan pengulangan. Puisi sendiri memiliki ciri khas tersendiri yaitu rima, rima sendiri merupakan pembeda antara puisi dengan prosa. Jika dibandingkan dengan prosa, puisi bisa dibilang cenderung lebih singkat. Meskipun demikian, pemilihan kata dan kalimat harus tepat sehingga makna yang ingin disampaikan akan dapat disampaikan secara maksimal oleh penulisnya dan makna tersebut dapat menggetarkan hati pada setiap pembacanya. Untuk puisi sendiri tentu saja terdapat beberapa kategori seperti puisi cinta, puisi kemerdekaan dan puisi lain yang mana dapat disesuaikan dengan tema yang ingin diambil. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai puisi guru. Puisi ini tentu saja membahas mengenai guru, baik dari jasa sampai dengan apa saja yang diajarkan oleh guru itu sendiri. Seorang guru tentu saja memiliki peranan tersendiri oleh semua murid di seluruh dunia untuk bisa membuat setiap anak didiknya menjadi seseorang yang berguna dan memiliki pendidikan yang terbaik.

Membuat Sebuah Puisi Untuk Guru

Contoh Puisi Guru
Membuat puisi tentang guru sendiri bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan untuk referensi, sekarang ini juga sudah banyak ditemukan di berbagai media baik itu media cetak maupun internet. Dengan melihat beberapa referensi tentu saja nantinya akan bisa membuat sebuah puisi untuk mengapresiasi guru. Sekarang ini sudah ada banyak sekali orang yang membuat puisi tentang guru untuk menunjukan apresiasi untuk gurunya. Adapun contoh dari puisi tentang guru adalah sebagai berikut:
Dulu dunia kami sangat kosong tanpa adanya hadirmu
Mungkin hanyalah warna gelap dan hampa yang ada menemani kami
Kami tak bisa melakukan apa – apa dan tak mengerti apa – apa
Tapi saat kami bertemu denganmu, dunia kami menjadi penuh warna dengan goresan kata
Yang dulunya kami hanya bisa bermimpi untuk menjadi seseorang yang berguna
Dengan adanya kau kami dapat meraih semua impian kami
Mulai perlahan, semua mimpi tersebut menjadi nyata di depan kami dab saat itulah kami bersiap
Bersiap untuk menggapai semua mimpi tersebut
Itu karena kau yang mau mengajarkan dengan kesabaran agar kami mampu menggapai semua mimpi
Baca tulis dan semua hal yang baik kau ajarkan untuk membentuk pribadi kami yang baik dan berguna
Berguna untuk semua orang
Terimakasih guru, karena adanya kau kami semua mampu untuk meraih semua impian
Terimakasih untuk semua perjuanganmu dalam mendidik kami dengan penuh kesabaran
Pendidikan yang kau ajarkan sangatlah berarti untuk kami
Dan hanya kaulah pahlawan tanpa tanda jasa yang kami banggakan
Guru

Puisi Apresiasi Untuk Guru

Itulah salah satu contoh puisi tentang guru yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk menunjukan atau mengapresiasi seorang guru yang memang telah memberikan separuh dari waktunya untuk mendidik anak muridnya agar bisa menjadi anak yang berguna untuk nusa dan bangsa, memajukan negara dan yang lainnya. Seorang guru memang menjadi pahlawan tanpa tanda jasa karena tidak pernah menuntut apapun dari anak muridnya. Dan jika memang seorang guru tersebut sedikit keras pada anak muridnya, maka setiap guru ingin yang terbaik untuk muridnya. Puisi tentang guru ini juga dapat menjadi salah satu apresiasi yang sangat tepat untuk seorang guru. Dan untuk setiap orang sendiri juga pada dasarnya mampu untuk bisa menulis puisi untuk guru.