Pentingnya Menyatakan Perasaan Kepada Pasangan Dengan Kata Kata Cinta

Kata kata cinta adalah serangkaian kata yang mungkin paling banyak ingin didengar oleh mereka yang sudah memiliki pasangan. Namun kata kata cinta juga sebenarnya bisa dikatakan kepada sesama manusia meskipun bukan sepasang kekasih misalnya kepada keluarga, kepada teman, bahkan kepada tanaman atau hewan peliharaan. Manusia pada takdirnya diciptakan berpasang-pasangan antara wanita dengan pria. Meskipun menurut data statistik jumlah wanita kini lebih banyak dibandingkan jumlah pria, namun Tuhan sudah menggariskan masing-masing manusia untuk bertemu dengan jodohnya dan memiliki perasaan saling mencintai. Kata-kata cinta merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa kasih sayang antar manusia bahkan antar makhluk hidup yang masing-masing memiliki caranya sendiri-sendiri.

kata kata cinta, kata cinta, cara menyatakan cinta, cinta sejati, kata mutiara cinta

Salah satu cara mengungkapkan rasa sayang kita terhadap orang lain adalah dengan kata-kata cinta. Banyak yang mengatakan bahwa rasa cinta tidak perlu diungkapkan melalui kata kata cinta tapi cukup dengan perbuatan dan pengorbanan. Nyatanya, kata kata cinta masih dirasa penting bagi banyak orang karena hal itu merupakan bukti yang menyakatan bahwa ada seseorang yang mencintai kita dan berani untuk mengungkapkannya. Hubungan antar makhluk hidup akan lebih baik jika dipenuhi dengan kata-kata cinta. Pernahkah Anda mendengar mengenai percobaan pada beberapa botol air? Di mana satu botol air terus diberikan kata-kata yang positif sedangkan botol lain dimaki-maki. Botol yang diberi kata positif akan tetap jernih sementara botol lainnya menjadi keruh. Seperti itulah pentingnya kata-kata cinta untuk diucapkan.

Cara mendekati orang yang disuka
Ketika Anda sedang naksir seseorang, Anda tidak bisa langsung memborbardirnya dengan kata kata cinta. Jika Anda langsung melakukannya dijamin orang yang Anda suka akan langsung lari kabur dari Anda. Agar Anda bisa melancarkan kata kata cinta yang sudah Anda persiapkan, terlebih dulu lakukan hal ini:

  1. Carilah kesamaan antara Anda berdua
Anda harus cari tahu apa kesamaan yang kalian berdua miliki. Kesamaan tersebut bisa berupa hobi, olahraga, acara tv favorit, musik, makanan, dan lain sebagainya. Gunakan koneksi kesamaan tersebut untuk mendekatinya dengan mengajak ngobrol mengenai hal yang membuat kalian berdua sama-sama bersemangat. Dengan mulai dari sini Anda bisa mengenalnya lebih jauh sedikit-sedikit.

  1. Pilih waktu yang tepat untuk bicara
Apalagi jika Anda belum saling berkenalan, pilihlah waktu yang tepat untuk Anda mengajaknya berkenalan. Misalnya dengan Anda ikut menonton konser musik yang ia suka atau ketika Anda berpapasan dengannya di luar lingkungan Anda berdua. Berinisiatif untuk mengajak kenalan juga harus dilakukan dengan cara yang sopan karena Anda tidak mau menakutinya. Berikanlah kesan pertama yang menawan. Jika ia memberikan respon yg positif kepada Anda berarti pendekatan pertama Anda berhasil, sebaliknya jika responnya negatif bisa jadi ia memang tidak tertarik atau sedang tidak mood.

  1. Rajin menyapa
Sebelum Anda mengatakan kata kata cinta, Anda harus membuat keberadaan Anda terpatri dalam pikirannya. Salah satu caranya adalah dengan menyapanya setiap kali Anda melihatnya bahkan ketika sedang tidak ada topik yang ingin dibicarakan. Cukup dengan menyapa namanya lalu berjalan pergi, jangan lupa untuk tersenyum.

  1. Berkatalah jujur
Jika dari awal Anda sudah berbohong mengenai hal-hal kecil misalnya umur Anda, atau pekerjaan dan tempat tinggal Anda, hubungan baik di antara kalian berdua tidak akan bertahan lama. Bersikap jujur akan jauh lebih baik meski kondisi Anda sedang tidak baik. Jika ia masih mau berteman dengan Anda meski Anda sedang di bawah berarti Anda suka kepada orang yang tepat dan pantas untuk diucapkan kata-kata cinta.

Kapan saat yang tepat menyatakan cinta
Saat yang tepat untuk mengatakan kata kata cinta bisa berbeda bagi setiap pasangan tergantung dari mood suasana dan kepribadian masing-masing orang. Beberapa orang ingin setiap hari mendengar pasangannya untuk menyatakan cinta agar merasa aman dan merasa selalu dicintai. Tapi ada juga orang yang lebih suka menyatakan kata kata cinta dengan sungguh-sungguh dan hati yang tulus pada saat dan momen yang pas. Jadi sebenarnya kapan sebaiknya kita menyatakan rasa cinta pada pasangan agar tidak menimbulkan suasana yang membuat tidak nyaman?

  1. Pastikan pasangan adalah orang yang tepat
Apakah Anda yakin orang yang Anda cintai adalah orang yang tepat? Apakah Anda yakin Anda mencintainya dan bukan hanya simpati saja? Salah satu caranya adalah dengan meilhat sikapnya ketika Anda sedang jatuh dan sedih. Bagaimana caranya memperlakukan Anda ketika Anda sedang kehilangan rasa percaya diri dan bagaimana perasaan Anda terhadapnya mengenai sikapnya tersebut. Bila Anda yakin saling mencintai, itulah saat yang tepat untuk mengatakan kata-kata cinta.

  1. Perhatikan perilaku pasangan
Kebanyakan pria agak sulit untuk menunjukkan perasaan yang sebenarnya dengan kata-kata. Maka dari itu para wanita perhatikanlah perilaku pasangan Anda apakah mereka cukup memberikan perhatian yang menunjukkan bahwa mereka mencintai Anda? Mereka pantas mendapatkan kata kata cinta dari Anda jika mereka memperlakukan Anda dengan baik dan pantas.

  1. Pendengar yang baik
Ucapkanlah kata kata cinta kepada pasangan yang selalu mendengarkan dengan baik apa yang ingin Anda katakan terutama saat topiknya adalah topik yang serius. Jika pasangan berpura-pura mendengarkan omongan Anda padahal perhatiannya ada pada acara televisi maka itu bukanlah saat yang tepat Anda menyatakan kata kata cinta. Pendengar yang baik adalah pendengar yang tertarik dengan omongan Anda.

  1. Selalu bahagia
Tanda-tanda seseorang mencintai Anda adalah mereka selalu terlihat bahagia dan bersemangat dan rela menjadikan Anda prioritas daripada hal-hal lain. Seseorang yang bisa merasa bahagia berarti dia merasa nyaman ketika berdekatan dengan orang lain, hal ini menunjukkan bahwa jika pasangan Anda selalu tertawa dan tersenyum ketika sedang bersama Anda maka Anda bisa mengatakan kata-kata cinta padanya agar ia tahu perasaan Anda.

  1. Orang-orang di sekitarnya menyukai Anda
Meskipun dalam menjalankan hubungan yang utama adalah antara 2 orang, namun Anda juga harus mempertimbangkan respon orang-orang di sekitar pasangan  terhadap Anda. Karena pada akhirnya jika hubungan Anda semakin serius maka aka nada banyak kesempatan bagi Anda untuk berinteraksi dengan teman atau keluarganya, akan jauh lebih mudah jika sudah ada hubungan baik antara mereka dengan Anda. Jangan terburu-buru menyatakan kata kata cinta jika Anda belum bisa mengambil hati orang-orang lain yang menyayangi pasangan Anda.

  1. Dia menghargai Anda
Setiap orang membutuhkan pengakuan, bahkan pengakuan dari orang yang disayang bisa jauh lebih penting dibandingkan pengakuan dari guru atau atasan. Jika pasangan Anda merasa bangga atas pencapaian Anda dan menceritakannya kepada orang lain maka ia adalah orang yang pantas untuk mendapatkan hujan kata kata cinta dari Anda.

  1. Bisa berbagi opini
Berdebat bukanlah hal yang negatif asalkan dengan cara yang tetap sopan dan memiliki dasar. Jika Anda dan pasangan kerap saling bertukar opini dengan cara yang sehat dan justru membuat hubungan semakin erat maka itulah saatnya Anda bisa mengeluarkan kata-kata cinta karena pasangan bisa menghargai pendapat Anda dan tidak merendahkan Anda.

Cara orang Yunani mengatakan “cinta” pada jaman kuno
Kata kata cinta jaman sekarang banyak dihiasi dengan kiasan-kiasan manis yang kadang sulit untuk dimengerti. Berbeda dengan budaya Barat yang lebih suka langsung menyatakan “I love you” sebagai kata kata cinta kepada pasangan. Lalu bagaimana orang jaman kuno dulu menyatakan cinta? Ternyata budaya Yunani kuno memiliki cara sendiri untuk menyatakan kata kata cinta, berikut adalah 6 kata cinta menurut mereka:

  1. Eros
Kata eros diambil dari nama dewi Yunani untuk kesuburan yang menandakan cinta yang penuh hasrat. Pada jaman Yunani kuno dulu, eros merepresentasikan kata-kata cinta untuk cinta yang berbahaya dan tidak sehat. Hal ini dikarenakan cinta yang penuh hasrat ini adalah bentuk cinta yang tidak masuk akal dan bisa merusak akal sehat.

  1. Philia
Bentuk kedua dari kata-kata cinta ini lebih dihargai dan dipandang tinggi oleh masyarakat Yunani kuno dibandingkan dengan eros. Philia berarti persahabatan yang mendalam di mana sering direpresentasikan oleh para prajurit perang yang rela berkorban dan setia kepada sesama prajurit Yunani. Kata lain dari philia adalah storge yang lebih ditujukan kepada cinta antar anggota keluarga seperti orang tua kepada anaknya. Philia sebagai kata kata cinta lebih mendapat tempat di hati masyarakat Yunani kuno.

  1. Ludus
Dalam bahasa lokal, kata kata cinta ludus berarti cinta monyet. Ludus menandakan percintaan di kalangan anak-anak atau remaja di mana lebih banyak diwarnai dengan saling menggoda dan saling menyanjung pada tahap awal sebuah hubungan.

  1. Agape
Agape adalah kata-kata cinta yang menggambarkan cinta manusia kepada semua umat manusia. Agape kemudian diadopsi menjadi bahasa Latin lalu ke bahasa Inggris “charity” yang berarti kemurahan hati. Agape dalam masa Yunani kuno menggambarkan cinta yang lebih bersifat spiritual. Dalam ajaran beberapa agama pun agape juga menjadi salah satu konsepnya yaitu kewajiban untuk mencintai sesama makhluk hidup.

  1. Pragma
Kata-kata cinta pragma adalah kata dalam budaya Yunani kuno yang mewakili cinta yang sudah dipupuk lama seperti pada pasangan yang sudah lama menikah. Kata kata cinta pragma berarti hubungan yang memiliki timbal balik seimbang, menunjukkan kasih sayang, kesabaran, dan toleransi. Dalam konsep kata-kata cinta pragma lebih ditekankan bahwa memberikan cinta dan menjaganya agar tetap ada lebih baik ketimbang hanya menerima cinta dan merasa jatuh cinta saja. Dengan memahami konsep ini diharapkan angka perceraian pada hubungan yang baru dibina beberapa tahun bisa dikurangi.

  1. Philautia
Kata kata cinta dari masa Yunani kuno yang terakhir adalah philautia yang berarti cinta kepada diri sendiri. Ada 2 arti dalam hal ini yaitu mencintai diri sendiri secara berlebihan yang disebut dengan narsis. Dan mencintai diri sendiri sehingga kita bisa memberikan cinta dan bersikap baik kepada orang lain. Aristoteles mengatakan bahwa cinta dan kasih sayang yang kita berikan kepada orang lain adalah ekstensi dari cinta kita kepada diri sendiri.
Bagaimanapun hubungan yang sedang Anda jalani, baik itu masih pendekatan, atau sudah menjalani hubungan dengan serius, pastikan pasangan Anda tahu perasaan Anda. Anda bisa menunjukkannya dengan perbuatan-perbuatan yang membuat mereka senang, tidak perlu berupa hadiah mahal, cukup dengan kata kata cinta yang Anda buat sendiri dan dikatakan dengan momen yang tepat pasti bisa membuat luluh pasangan Anda.