Kumpulan Pantun Lucu yang Menghibur

Sebagai bagian dari puisi, pantun dikenal memiliki keragaman bunyi pada baris kata terakhir. Umumnya pantun terdiri dari empat baris, namun pantun saat ini bebas bentuknya. Baris pertama berkaitan dengan pengantar sedangkan baris terakhir adalah maksud dan tujuan dari pantun itu sendiri. Nah, dalam pantun sering kali dijumpai hal-hal jenaka. Itulah yang disebut dengan pantun lucu atau pantun jenaka.
Pantun adalah salah satu identitas budaya bangsa Indonesia. Pantun lucu sangat menghibur. Dan tak jarang isi dan makna dari pantun itu sendiri berisi nasehat, kritik, dan petuah berharga bagi pembacanya. Pantun yang lucu dibacakan atau disampaikan dalam berbagai acara mulai hiburan rakyat, acara pernikahan, acara-acara formal, dan lain sebagainya.
Masyarakat kita sejak dulu hingga sekarang senang dengan aneka hiburan termasuk pantun lucu. Pantun yang jenaka dapat menyejukkan yang panas. Membuat suasan gembira di sekitar. Dan pantun adalah obat jiwa dan kerinduan. Berikut beberapa contoh pantun jenaka yang lucu sekaligus menghibur.

Kumpulan Pantun Lucu yang Menghibur, pantun lucu bikin ketawa

Pantun Lucu, Siapa Dia?
  1. Ke Jogja belanja bakpia. Ke Semarang belanja lumpia. Kalau ingin dapatkan dia. Usaha sendiri ya. Pantun lucu yang satu ini kelihatannya sederhana, namun ada satu nasehat penting bagi siapa pun yang ingin sukses yaitu usaha. Mendepatkan sesuatu butuh usaha dan pengorbanan. Termasuk mendapatkan pasangan hidup. Tak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Sukses itu butuh usaha dan keberanian. Nah, siapkah kita?
  2. Lampu merah tandanya berhenti. Lampu hijau tandanya jalan. Baju merah baik hatinya. Yang baju hijau siapa ya? Tak hanya informatif, namun juga menghibur. Pantun lucu ini menunjukkan pada kita bahwa siapa orang yang memiliki simbol tertentu. Kadangkala ketidaktahuan dan rasa penasaran membawa kita untuk mencari tahu sesuatu.
  3. Buah mangga manis rasanya. Yang duduk di tangga. Siapa yang punya? Pantun ini adalah hiburan semata yang maknanya barangkali hanya bertanya mengenai siapa identitas orang tersebut dan siapa orang tuanya, pasangannya, dan latar belakangnya. Informasi tentang hidup seseorang penting diketahui oleh orang yang ingin dekat dengan orang tersebut. Nah, kita bisa bertanya hal tersebut dengan mengenal orang yang kita mau.
  4. Tiap pagi nonton Upin dan Ipin. Bagaimana kalau kita saling bertukar PIN? Pantun ini menyiratkan arti cara mendekati seseorang dengan cara lain. Berawal dari kenal di dunia maya lalu berlanjut kenal di dunia nyata. Akhirnya akrab dan berteman. Hal seperti bukan sesuatu yang baru terjadi. Sejak masuknya teknologi komunikasi hubungan antar manusia tak lagi sebatas wilayah, namun lebih luas lagi. Masih ada cara lain jika satu cara sulit dilakukan.
  5. Nasi uduk nikmat aromanya. Nasi hangat enak rasanya. Yang duduk elok rupanya. Bolehkah kita berkenalan saja. Hubungan awalnya memang dibangun dari sebuah perkenalan. Dengan berjalannya waktu hubungan tersebut makin lama makin dekat dan akrab. Kadangkala hubungan itu bisa berlanjut pada sebuah ikatan. Apakah itu ikatan persahabatan, cinta atau ikatan lainnya. itulah pentingnya mengenal satu sama lain untuk membangun ikatan dan komunikasi dengan orang lain yang berbeda.
  6. Gula memang rasanya manis. Namun lebih manis lagi rasanya madu. Kamu memang manis. Namun lebih manis lagi kalau kamu denganku. Manusia memang diciptakan dengan berpasang-pasangan. Pasangan akan menyempurnakan dan melengkapi berbagai kekurangan yang dimiliki pasangannya. Inilah makna dan pesan penting dari hidup bersama, berkelompok, dan berinteraksi sosial. Hidup sendiri tak indah jika tanpa ada pasangan dan pendamping. Tiap individu butuh dukungan, motivasi, dan penghibur. Itulah arti pentingnya pasangan.

Pantun Lucu Kegalauan dan Kegembiraan
  1. Aku hadir di sini. Kamu hadir di sana. Kamu hadir bersamanya. Diriku dengan siapa coba? Hidup tak selamanya indah. Ada saat di mana suasan duka dan galau menghinggapi hidup. Di sinilah kita perlu mengaca, merenung, dan mengevaluasi diri. Apa yang terjadi. Apa yang mesti dilakukan?
  2. Di sana gunung di sini juga gunung. Di tengah-tengahnya ada pulau Jawa. Aku bingung kamu pun bingung. Namun aku sudah ada yang punya. Gembira adalah tanda jiwa yang berbahagia. Pantun ini di satu sisi menunjukkan adanya kegelisahan namun di sisi yang lain ada sebersit asa kegembiraan.
  3. Hari Minggu pakai baju batik. Baju batik motifnya kayu. Hei ini aku. Apa kamu tau? Hidup harus diliputi dengan kebahagiaan dan keceriaan. Walau hidup kadang tak selamanya bahagia, namun rindu pada kebahagiaan akan membawa kita menjauh dari rasa duka dan nestapa dalam hidup.
  4. Beribu-ribu bintang di langit. Hanya satu bintang yang terang. Beribu-ribu teman yang baik. Hanya kamu yang curang. Dalam hidup teman adalah rekan dalam perjuangan. Namun jangan harap semua orang bisa menjadi teman hidup. Di sini kita harus bijak dalam memilih teman dan berteman dengan orang lain. Kadang ada yang ingin memanfaatkan kita. Teman yang sesungguhnya adalah teman di saat kita berduka di situ dia hadir dan menjadi penghibur kita. Itulah arti teman dan pertemanan yang sebenarnya.

Pantun Lucu Kerinduan
  1. Berpeluh karena berlari, namun rindu tetaplah di hati. Pantun ini memberi kesan bahwa jarak bukan halangan untuk saling merindu. Berbeda tempat bukan halangan untuk tak mengenang yang ada di tempat jauh. Inilah makna kerinduan yang perlu dipupuk dan dibina terus-menerus. Inilah arti dan makna kerinduan yang sesungguhnya. Rindu untuk bertemu.
  2. Dari mana datangnya jambu? Itu adik yang beliin. Dari mana datangnya si wajah ayu? Itu ibu yang kenalin. Berkenalan sangat penting dalam membangun hubungan, persahabatan dan komunikasi. Banyak cara untuk membangun hubungan. Mulai diri sendiri, dari orang terdekat hingga cara lain yang lebih baik.
  3. Aku tertidur di pohona randu. Hatiku selalu merindu kamu yang ayu. Puisi lucu yang bercerita kerinduan. Paras cantik dan ayu akan selalu dirindu. Rasa rindu memang kewajaran yang dimiliki tiap orang. Jiwa yang terpatri di dalamnya cinta akan selalu dibelai rasa rindu jika orang yang dirindu tak berada di samping dan di hadapannya. Rindu membawa seseorang pada perasaan berharap akan perjumpaan.
  4. Ingin berenang carilah sebuah kolam. Buat dinda tersayang abang ucapkan selamat malam. Sapaan hangat dan romantis akan membuat hubungan semakin indah. Kerinduan yang membuncah membuat dua insan diselimuti rasa ingin berjumpa.
  5. Penjual jamu suka bercerita. Hanya dinda ayu yang aku cinta. Banyak cara untuk mengungkapkan perasaan pada seseorang. Namun ketulusanlah yang menjadi kuncinya. Itulah cinta sejati yang membangun hubungan romantis dua insan yang berbeda.
  6. Naik bus kota jauh dekat sama harganya. Cintaku padamu jauh dekat tak terkira rasanya. Lagi-lagi suatu kerinduan membuat suasana romantis makin terbuncah dalam jiwa. Kerinduan insan untuk bersua dengan kekasih jiwa membuat rona dan liku hidup jadi tak terasa perih dan lukanya.

Pantun Lucu Kehidupan
  1. Buat apa beli pulsa. Kalau hape belum punya. Buat apa belanja. Kalau uang gak ada. Nah, ini bisa jadi pantun hiburan yang membuat diri kita atau pun orang lain tertawa. Memiliki sesuatu harus punya tujuan. Tujuanlah yang akan mengarahkan apa yang perlu kita dilakukan dan ke mana mesti melangkah.
  2. Merawat burung dalam sangkar. Burung terbang susah ditangkap. Buat apa hidup bertengkar. Semua bakal susah didapat. Pertengkaran dan pertikaian hanya akan membawa kesusahan dan kesengsaraan. Hidup yang dipenuhi dengan segala bentuk kekerasan hanya membawa kemelaratan. Tak ada harmoni, kedamaian, dan cinta di dalamnya. Hidup akan lebih indah jika ada cinta, harmoni, dan damai yang dibina.
  3. Di sana gunung di sini bukit. Kamu tersandung aku tergigit. Tak ada bedanya jika hidup di tempat berbeda jika kondisi yang sama dijumpai. Hidup haruslah berubah jika ingin maju dan sukses. Demikianlah nasehat bijak dari pantun lucu yang sederhana itu.
  4. Buah mangga terlihat manis. Dikupas kulit rasanya asam. Terlihat rupa sungguh manis. Namun sayang hatinya masam. Bentuk rupa dan fisik seringkali melenakan, menyilaukan, dan menipu. Yang terlihat baik belum tentu sebenarnya. Sisi terdalamlah yang menjadi acuan dalam memandang sesuatu. Pantun di atas menggambarkan bahwa yang terlihat baik bisa jadi punya dua wajah yaitu baik dan buruk. Sikap bijaklah yang mampu menentukan mana yang baik dan buruk.
  5. Duduk tenang di kursi goyang. Kamu yang tenang ternyata bahaya. Pantun tersebut hampir memiliki makna serupa dengan ungkapan air tenang tanda tak dalam. Sekali lagi kehidupan mengajarkan pada kita bahwa sesuatu yang terlihat atau nampak baik dan tenang, belum tentu sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya. Ada sesuatu di baliknya. Ada makna lain yang perlu digali lebih dalam. Hidup butuh kewasapadaan dan sikap arif.
  6. Satu jam itu enam puluh menit. Satu menit itu enam puluh detik. Aku tahu hidup itu sulit. Tapi aku juga tahu sulit itu tak sempit. Hidup memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada cobaan dan rintangan yang menghadang. Hidup itu seperti roda. Kadang di atas dan terkadang ada di bawah. Semuanya berputar untuk merasakan lika-liku hidup. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah sesulit apa pun hidup itu, pasti ada jalannya. Hidup itu tidak sempit selama kita tak putus asa dan menyerah. Semua ada jalan dan kemudahannya. Di sinilah kita harus percaya dan yakin akan jalan kehidupan.
  7. Kalau jalan tidak bawa celana. Pasti malu akan dijumpa. Gundah gulana tiada guna. Yang lalu jangan dibawa. Masa lalu yang buruk ibarat noda yang perlu dibersihkan. Masa lalu yang suram sebaiknya tidak dibawa lagi di saat ini. Masa depan adalah menyonsong harapan kebaikan dan mimpi kesuksesan. Tiada guna menyesali yang sudah berlalu. Saatnya kini maju dan menuju masa depan yang baru.
  8. Tinggi pohon kelapa tinggi lagi pohon mangga. Baik-baik di sana. Agar kamu makin airf bijaksana. Merantau adalah  suatu fase kahidupan yang mampu membawa seseorang pada kemandirian hidup. Di tempat itulah manusia berjuang membangun asa. Pengalaman, pengetahuan, dan kemandirian hidup diasah dengan berbagai cara dan upaya.

Itulah beberapa kumpulan pantun lucu yang menghibur. Dalam hidup ini berbagai cobaan akan kita hadapi baik itu hubungan, pekerjaan, dan lain sebagainya. Hanya yang bijaklah yang mampu menangkap pesan dan makna kehidupan seraya menjalaninya dengan kebaikan. Nah, semoga terhibur dengan berbagai pantun-pantun lucu nan jenaka itu ya.